22 August 2011

Tips DIET: Cara melangsingkan Tubuh (Reguler)

Tips DIET: Cara melangsingkan Tubuh (Reguler) --- Cantik berarti memiliki tubuh yang proposional, ideal atau langsing. Paradigma itulah yang berada disebagian besar pemikiran, tidak hanya pada kaum wanita tetapi juga kaum pria. Oleh sebab itu banyak diantara mereka melakukan berbagai hal untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal mulai dari mengurangi porsi makan dengan ala diet sehat atau alami, diet ketat, konsumsi pil diet hingga melakukan operasi plastik seperti sedot lemak atau liposuction dan lain sebagainya. Sehingga ada berbagai anggapan bahwa “kecantikan membutuhkan suatu pengorbanan”. Memang dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dalam pencapaian sesuatu dibutuhkan pengorbanan, tetapi bukan berarti harus rela mengorbankan diri dengan berbagai resiko hingga membahayakan keselamatan jiwa.


Kegemukan atau obesitas sering menjadi penyebab timbulnya penyakit fisik hingga gangguan psychology. Contohnya seperti penyakit jantung, asam urat, diabetes militus, dan sebagainya. Sedangan untuk gangguan psychology seperti perasaan kurang percaya diri yang berlebihan baik dalam pergaulan atau beroenampilan, kegelisahan atau cemas akibat dari perasaan khawatir diabaikan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita menghindari kegemukan dengan melakukan diet alami atau pola makan diet dan olah raga yang teratur. Berikut merupakan beberapa tips diet untuk mendapatkan tubuh proposional yang sering dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Makan Secukupnya dengan Gizi Seimbang dan Hindari Kebiasaan Makan Cemilan (junk food)

Kalimat bijak mengatakan bahwa “makan sebelum lapar dan hentilah sebelum kenyang”. Kalimat tersebut sangat baik diterapkan bagi wanita atau pria yang sedang melakukan diet sehat. Demikian pula ketika menjalani puasa, alangkah sebaiknya ketika sahur dan berbuka tidak berlebihan. Makanlah makanan dengan dengan kandungan gizi yang seimbang, sebab menurut penelitian masyarakat Indonesia ketika mengkonsumsi dalam satu periode makan, hampir 70% merupakan kandungan karbohidrat. Maka sebaiknya hitung semua unsur kandungan dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, lemak, kolesterol, vitamin, mineral, dan lain sebagainya, sehingga jangan sampai kekurangan dan jangan sampai kelebihan.

Ketika dorongan nafsu makan datang, hindari mengkonsumsi makanan ringan seperti cemilan-cemilah apa lagi yang mengandung MSG atau junk food yang tidak mengandung gizi, sebab cenderung mengakibatkan efek buruk pada tubuh akibat kandungan gula, garam, lemak, kolesterol, dsb yang melebihi ambang batas. Anda
dapat menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat langsung dimakan, atau diolah menjadi jus.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kunci utama dalam proses diet alami adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu hidari kebiasaaan-kebiasaan buruk yang memberikan efek negatif bagi kesehatan kita. Seperti menjadi perokok aktif atau pasif, kurang istirahat atau tidur, jarang melakukan olah raga atau latihan kebugaran fisik, makan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi, jajan sembarangan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu melakukan medical check up secara rutin, sebab dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Mengkonsumsi Air Mineral Secara Cukup

Minumlah banyak air putih yang banyak minimal delapan gelas perhari untuk menjaga metabolisme tubuh kita serta menghindari terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh kita. Sebab hamper 80% tubuh kita terbentuk dari cairan. Bagaimana pun juga air putih yang higienis tetap air minum yang paling sehat untuk kita konsumsi. Hindari mengkonsumsi air dingin ketika perut kita berisi makanan agar lemak bisa tercerna dengan baik dan tidak menggumpal/ mengendap pada sistem pencernaan kita. Minumlah air bersuhu normal suam-suam kuku atau yang hangat demi kebaikan perut kita. Bagi yang sedang melakukan diet sebaiknya menghindari minuman yang mengandung gula, soda, kafein, energi instan, alkohol, dan lain sebagainya agar tidak memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Aktif Beraktivitas dan Melakukan Latihan Kebugaran Fisik

Lakukan latihan kebugaran fisik secara rutin dan cukup, sebab memiliki dampak positif bagi tubuh kita. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut di gym atau tempat-tempat kebugaran lainnya, maka dapat melakukan latihan-latihan kebugaran fisik yang sederhana dengan memanfaatkan fasilitas yang terdapat disekitar kita. Misalnya jika berada di suatu kantor maka sekita mengantarkan dokumen di lantai 1 ke lantai 2 sebaiknya menggunakan anak tangga dari pada lift, lakukan peregangan otot ketika duduk di kursi dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari pun jangan sampai lepas dari aktivitas fisik yang membakar kalori kita seperti apabila bepergian jarak pendek maka sebaiknya dengan berjalan kaki atau dengan bersepeda, cuci baju jangan paki mesin, cuci piring dengan tangan sendiri, dan masih banyak lagi yang lain. Pada intinya untuk mendapatkan tubuh langsing perlu dilakukan suatu usaha dalam proses yang diimbangi dengan semangat, niat, ketekunan, disiplin dan kerja keras. Hati-hati dengan teknik atau metode menguruskan / melangsingkan tubuh secara instan dengan bahan kimia, obat-obatan dan lain sebagainya yang mungkin dapat memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Dan menurut sebagian besar ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan melakukan pola diet alami maka akan membentuk pola hidup sehat, sehingga hasil dari diet tersebut cenderung akan lebih jauh bertahan lama dibandingkan dengan melakukan pelangsingan secara instant.

So..guys…setelah baca tips diatas semoga kita terinspirasi dan bersemangat dalam melakukan diet. Semangat!!!! Nd klo teman-teman memiliki tips diet yang

TOP BGT boleh lah dishare disini.

Thanks for source: Organisasi.org

0 komentar:

Post a Comment