05 August 2016

Tutorial: Bunga dari Kain Perca (Part 1)

Bunga dari Perca - model 1. Hola halo sahabat blogger lama juga yah aku cuti dari perbloggeran (heee istilah asal aja). kali ini akau akan mengajarkan cara membuat bunga dari perca sebetulnya dulu sudah pernah bkin versi sederhana dengan foto alakadarnya nah kali ini fotonya lebih bagus pinjam punya tetangga yg masih komplit dengan watermarknya yang untuk mempermudah aku buat model kolase (mohon dimaapkan), namun untuk ukuran hasil eksperiment sendiri :D

Well, sebenarnya berawal dari kegiatan bakti sosial komunitas craft yang aku ikuti tgl 21/8/2016, dengan mengajarkan pada ibu-ibu lingkungan pemulung  kota malang, dng mengajarkan beberapa kerajinan, dari kerajinan lukis media kain/material bekas, daur ulang bahan bekas, seni payet di jilbab dan terakhir membuat bunga dari perca.

Mentor untuk bunga perca sebetulnya mba lilis dan aku, namun karena beliau sakit infeksi kelenjar tiroid ( I hope she will get better soon) akhirnya digantikan duet maut aku dan mba ari. karena bikin tutorial singkat so jadi keinget buat ngisi blog yang rasanya penuh dengan sarang laba-laba. So.. tanpa panjang lebar kali tinggi langsung cuuus ke

MODEL 1. JAMILAH si Bunga kerut :D


image from http://thecraftingchicks.com/
Langkah-Langkah 
Langkah 1.
  Selain siapkan mental siapkan juga bahan-bahan serta alatnya :D (seperti pada keterangan di gambar)

Langkah 2 & 3
 Jahit lipat kain jadi dua (uk 30cm x 4cm) kemudian jahit jelujur. ketika sampai diujung langsung tarik mang.... (benang maksudnya)

Langkah 4
 Setelah ditarik jahit jadi satu berikut ujung-ujungnya, jait ikat mati (biar benang tak terurai alias brodol)

Langkah 5
 Beri hiasan untuk bagian tengah bunga bisa dengan kristal plastik/kancing bungkus/atau kancing hias, dengan cara dilem menggunakan lem tembak.

Mau jadi Bros: siapkan flanel berbentuk bulat diameter 3cm, lem pada bagian belakang bunga secara merata selanjutnya tempel pin bros dengan lem tembak. dan Jadi dech bros bunga perca nya.

Thank you
Selamat berkarya
nimeita-laconchita


Foto courtesy

0 komentar:

Post a Comment