15 December 2011

Pengujian, Apakah Anda Masuk Kategori Gemuk?

Pengujian, Apakah Anda Masuk Kategori Gemuk?--- kita merasa baik-baik saja dengan bentuk tubuh kita, seperti tidak ada perubahan dengan bentuk tubuh kita. Bahkan masih dengan penuh percaya diri mengatakan bentuk badan masih langsing atau tidak gemuk. Namun dalam kenyataannya kurang percaya diri ketika harus membuktikan dengan menimbang berat badan. Belum lagi terdapat seseorang yang mengatakan pada kita "Hai ...Kok kamu makin gemuk yah!"...Meski kadang kala kita menjawab dengan 1001 alasan sebagai pembelaan dan meyakinkan bahwa kita baik-baik saja. Tapi tidak sedikit dari kita merasa terusik dengan komentar tersebut, merasa kaget. Apa yang akan Anda lakukan? Berlari mencari timbangan? Cuek saja? atau merasa seolah-olah dunia akan runtuh akibat kegemukan atau obesitas. Jika Anda merasa hal tersebut kemudian bila ada kesempatan bergegas mencari timbangan, ketika ditemui berat badan sudah naik sekian kilo dan merasa sedikit tertekan dan ada sedikit rasa tidak mau menerima kenyataan jika sudah tergolong kategori gemuk. Anda bukanlah satu-satunya orang wanita yang merasakan hal demikian, banyak diantara kita yang mengalami hal tersebut termasuk diriku. Teman-teman sering menyebutnya dengan “Lalai Syndrome”, hal tersebut sering terjadi diakibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terlalu sibuk dengan rutinitas hingga tidak memiliki waktu untuk memperhatikan penampilan atau bentuk tubuh.
  • Terlalu sering membeli pakaian yang 1 inci lebih longgar, sehingga tidak merasa jika ukuran tubuh mulai membengkak.
  • Berada di lingkungan pergaulan orang-orang yang memiliki tubuh lebih gemuk dari pada kita sehingga sering merasa paling kurus. Akibatnya tidak merasa jika tubuh mulai melar.
  • Kepercayaan diri tingkat wahid dan merasa bentuk tubuh akan tetap stabil meski makan sedikit berlebihan.
  • Sulit menerima kenyataan dan selalu mencari berbagai alasan sebagai pembelaan, meski banyak sekali orang disekitar kita mengatakan hal tersebut.

  
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kita mengalami kegemukan atau ciri-ciri kegemukan atau ciri obesitas. Berikut merupakan cara mengetahui apakah Anda tergolong kegemukan yang paling sederhana:
 Bercermin dan perhatikan bagian tubuh Anda seperti pipi, lengan, pinggul, pinggang, dan paha.
  • Cubit bagian lengan dalam (atas) dengan ibu jari dan telunjuk. Jika tebalnya lebih dari 2,5 Cm berarti Anda masuk kategori gemuk.
  • Pakaian yang Anda beli tiga bulan yang lalu sudah tidak cukup lagi.
  • Merasa badan semakin berat dan terlalu cepat lelah ketika beraktivitas.
  • Ada kalanya kegemukan yang terjadi di sekitar perut dapat menyebabkan organ bekerja dengan tidak baik.
  • Ukur tinggi dan berat badan Anda. Apakah tergolong ideal atau tidak. Caranya: (Tinggi badan-100)-(10% dari hasil pengurangan) = berat badan ideal
  • Ukurlah lingkar pinggang Anda. Ukuran maksimal lingkar pinggang (pria) 95 Cm, (wanita) 80 Cm.
  • Sering merasa sulit untuk menahan hawa nafsu untuk makan atau ngemil makanan ringan, atau hobby makan makin menggila.

Jadi sebaiknya sebelum terlanjur semakin gendut atau mengalami obesitas, maka kenali dulu tubuh kita dan selalu diet gizi seimbang dan berpola hidup yang sehat. Sehingga kita jauh dari kategori kegemukan atau obesitas.

0 komentar:

Post a Comment