21 November 2011

Story: Cantik Saat Hari Pernikahan

Story: Amanda Berhasil Menurunkan Berat Badan Menjelang Hari Pernikahan (turun 43 Kg)--- Nama wanita ini adalah Amanda (26 tahun), yang baru saja melangsungkan pernikahan. Seperti layaknya wanita yang lain, Amanda ingin tampil menawan di hari pernikahnannya, tetapi mengingat tubuhnya yang memiliki ukuran plus-plus, semakin diperburuk dengan pola makannya yang berlebihan. Amanda mengaku sejak dahulu ingin memiliki bentuk tubuh ideal, dan telah berbagai cara telah dia lakukan seperti giat berolahraga, tetapi buruknya semakin banyak dia berolahraga semakin tinggi pula nafsu makannya.Saat SMA berat badannya 70 Kg, kemudian saat berkuliah meningkat menjadi 93 Kg hingga 108 Kg.

Ketika Amanda berada dititik jenuh memiliki tubuh ukuran plus-plus, mengingat setiap berfoto bersama sang kekasih, tampak betapa besar tubuhnya, belum lagi betapa repotnya memilih baju yang saat acara khusus, serta keinginan untuk merasa lebih sehat. Hal tersebut memotivasi Amanda untuk semangat menurunkan berat badannya. Hal pertama yang dilakukan adalah mengevaluasi pola makan, kalori, nutrisi yang dibutuhkan dan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Kunci keberhasilannya adalah berani melakukan perubahan gaya hidup, dan mengendalikan nafsu makan.

Hal yang paling berat selama proses bagi Amanda adalah dia tidak suka olahraga apa lagi ke gym. Sehingga harus mencari kegiatan lain yang bisa mentolerir dan memotivasi untuk melakukannya. Akhirnya Amanda memilih berlatih di rumah, selain dapat menghemat waktu dia juga dapat melihat acara TV kegemarannya. Pada tiga bulan pertama turun 11 Kg, kemudian Amanda menggabungkan latihannya sehingga setiap minggu turun 1-2 Kg. Hal terpenting selain diet dan olahraga adalah mind set dan komitmen. Usaha penurunan berat badan Amanda dilakukan secara bertahap mulai makan porsi kecil, menghindari soda, dan lain sebagainya.Akhirnya hanya membutuhkan waktu 12 bulan, Amanda berhasil menurunkan berat badannya 43 Kg. Dan kini berat badannya 65 Kg dan dia berhasil mempertahankan hingga saat ini.


TIPS Menurunkan Berat Badan Dari Amanda
  • Jangan terlalu membatasi diri Anda untuk hal-hal yang Anda senangi, misal pergi kepesta yang cenderung banyak makanan yang nikmat dan tinggi kalori atau konsumsi coklat. Maka sebaiknya temukan makanan yang rendah kalori atau rendah lemak.
  • Amanda memulai programnya dengan menahan nafsu makan, caranya banyak minum air putih di antara waktu makan.
  • Jangan makan malam yang berlebihan.
  • Makanlah dengan penuh perhatian. Hindari makan sambil melihat TV sebab kita akan terus menerus merasa lapar.
  • Jangan berkecil hati. Setiap orang memiliki hari yang buruk dan pernah mengalami kegagalan. Terus bersemangat untuk diet kembali.



Menu Diet Ala Amanda
  • Breakfast: sepotong roti gandum dengan lapisan tipis selai kacang (low fat).
  • Lunch: 1/2 mangkok sup, satu apel, atau bisa diganti dengan sandwich daging & keju (low fat).
  • Dinner: 1 potong dada ayam, 1 cangkir kacang hijau, 1 gelas susu.
  • Snack atau Mini Meal: minum air putih atau apel sebagai cemilannya.




Latihan yang dilakukan oleh Amanda
  • Latihan menguatkan otot dengan mengangkat kaki, push up, dll paling tidak 3 kali seminggu.
  • Latihan Kardiovaskular selama 35 menit dengan latihan treadmil di rumah, 3-4 kali per minggu. Hal ini sangat membuahkan hasil sebab Amanda tergolong seseorang yang tidak suka pergi ke gym. Kadang dikombinasi dengan lompat tali (jump rope) sebanyak 400-450 lompatan.

note: sejak dulu, aku ingin menurunkan berat badan. Tapi dengan cerita Amanda mengingatkanku bahwa ada dua keinginan yang cukup berbeda. Pertama keinginan menurunkan berat badan tetapi tidak berbuat apa-apa. Kedua, keinginan menurunkan berat badan dan benar-benar berkomitmen untuk hal tersebut. Maka siapapun dapat memiliki keinginan menurunkan berat badan seperti mereka harapkan, but I think something really has to click before you can actually commit to it and DO something about it. Jadi buat siapapun yang ingin langsing saat acara pernikahannya, lakukan dengan benar, berkomitmen dan tetap semangat!

1 komentar:

Mandanya Rafa said...

yeah.. aku dulu juga pengen langsing pas nikah...
but i'm failing miserably -_-

Post a Comment