15 September 2011

Cara Meningkatkan Metabolisme dengan 6 Langkah Mudah

Cara Meningkatkan Metabolisme dengan 6 Langkah Mudah ----- Metabolisme merupakan kemampuan tubuh dalam membakar kalori. Banyak cara mudah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Baik secara alami dengan olah raga atau pola hidup sehat hingga mengkonsumsi obat-obatan bikinan pabrik dengan segala resikonya. Bagi Wanita atau pria yang sedang melakukan diet, meningkatkan metabolisme merupakan suatu kewajiban, sebab dengan meningkatnya tingkat metabolisme maka secara otomatis akan meningkatkan pembakaran kalori, sehingga mencegah terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh. Berikut beberapa cara mudah meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

  • Hal yang fatal (atau orang jawa mengatakan salah kaprah) adalah anggapan bahwa orang diet harus menghindari sarapan. Anggapan tersebut harus segera diperbaiki sebab, pada hakikatnya sarapan adalah upaya mengembalikan kondisi tubuh setelah semalaman Anda instirahat tidak mengkonsumsi apapun (baik makan atau minum). Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sarapan cenderung dapat mengontrol nafsu makannya dalam keseharian dibandingkan tidak sarapan pagi. Sehingga selain lebih sehat, program dietpun juga lebih mudah dilakukan.
  • Jangan tidak makan. Agar metabolisme tetap baik maka sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan frekuensi 3-6 kali sehari, atau kurang lebih 3-4 jam sekali makan. Melewatkan jam makan akan cenderung memperlambat metabolisme dan mengurangi asupan energi bagi tubuh. Sebab banyak orang yang berusaha mengurangi berat badan dengan berlapar-lapar. Tetapi justru hal tersebut dapat memperlambat metabolisme atau memperlambar proses pembakaran kalori. Sehingga tubuh mereka menyimpan lemak. Untuk meningkatkan metabolisme Anda perlu makan makanan kecil sepanjang hari daripada 2 atau 3 kali makan besar.
  • Tingkatkan Asupan Protein. Seseorang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi lebih merasa cepat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein dibandingkan karbohidrat atau lemak. Tetapi jangan menghindari karbohidrat sebagai sumber enegri bagi tubuh Anda.
  • Konsumsi Kalori secukupnya. Jangan berhemat pada asupan kalori. Sebab tubuh membutuhkan energi untuk tetap dalam performa terbaik, dan energi yang datang dalam bentuk makanan yang kita makan. Jika seorang melakukan diet sangat rendah kalori,dan metabolisme tubuhnya mulai melambat untuk menghemat energi.
  • Latihan teratur. Saat berolahraga tubuh tidah hanya akan mengalami peningkatan metabolisme dari aktivitas, tetapi menerima efek berkepanjangan metabolisme meningkat setelahnya. Anda akan memiliki peningkatan metabolisme beberapa jam setelah latihan berakhir. Latihan kardio merupakan cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme, tetapi pelatihan kekuatan benar-benar akan memiliki efek yang lebih panjang. Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Jadi dengan meningkatkan jumlah otot dalam tubuh Anda, akan meningkatkan metabolisme ketika Anda beristirahat.
  • Minum air putih yang cukup. Ketika tubuh mengalami dehidrasi makan tubuh cenderung menimbun energi. Minum air putih dingin dapat membantu membakar kalori karena tubuh Anda mengeluarkan energi (membakar kalori) mencoba untuk menghangatkan air kita konsumsi. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan minum 8 - 12 gelas air sehari, dapat mengurangi nawa nafsu makan.

0 komentar:

Post a Comment