01 December 2011

Tutorial: Cute Balloon Dress

Tutorial: Cute Balloon Dress --- Setelah hari minggu kemarin merapikan tumpukan kardus, ternyata aku malah menemukan banyak kain sisa/kain perca bekas orang pesan/menjahitkan pakaian di my mam dulu. So bisa aku manfaatkan. Berhubung kebanyakan kainnya kecil-kecil/kurang banget dr 50 Cm, langsung aku terinspirasi untuk membuat pakaian untuk keponakanku. Kali ini, aku ingin membuat ballon dress, dengan menggunakan pola. Mengapa baju anak ini disebut model balloon sebab bagian bawahnya berbentuk seperti balon. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk balon pada dress, salah satunya seperti aku lakukan dengan mengaplikasikan karet elastic dibagian bawah dress.  
Berikut merupakan cara membuat Cute Balloon Dress ala aku:


Pertama pastinya siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti:
1. Kain (dari berbagai macam sisa kain aku memilih warna putih gading dan ungu pastel).
2. Kancing kemeja warna putih gading 3 buah, kancing dari tempurung kelapa 1 (untuk aplikasi bunga).
3. Elastic 
4. Mesin jahit
5. de..el..el...

Kedua, Buatlah pola baju anak.
Untuk lingkar rok sebaiknya dilebihi sebab nantinya dapat dibuat kerutan. Untuk panjang rok ukur sesuai kehendak.
Ketiga, Setelah Pola dijahit membuat lapisan. Ambil sisa kain warna ungu untuk membuat lapisan untuk kancing dan lubangnya, dan untuk bis ban atau pinggiran leher (untuk membuat bisban sebaiknya kain dipotong miring agar rapi saat dijahit).
 Keempat, jahit rok dengan atasan yang telah selesai 90% (kurang kancing dan lubangnya).
Kelima, Jahit lapisan putih untuk bagian bawah rok, jangan lupa masukkan elastic, yang sebelumnya telah dijahit menjadi satu. Maka bentuk balon pada dress akan terbentuk.
Keenam, sebagai hiasannya buat aplikasi bunga dari sisa kain. Cara membuatnya seperti tutorial cara membuat bunga sebelumnya.
The Last, Jangan lupa pasang kancingnya dan lubang kancing dengan menggunakan tusuk feston (klo manual sich, tapi lebih cepet pake mesin).


Maka Jadilah CUTE BALLOON DRESS ala Nimeta
note: agar pakaian lebih awet jangan lupa pinggiran jahitan di kelim atau diobras yach....^.^

0 komentar:

Post a Comment