31 October 2011

Tutorial: Baju Bekas Jadi Baru (Part 1)

Tutorial: Baju Bekas Jadi Baru (Part 1)---Beberapa hari yang lalu, setelah merapikan lemari pakaian. Aku menemukan baju lama milik Hun-Hun (My Husband) yang gak muat lagi, dan saatnya di keluarkan dari lemari. Ketika melihat mesin jahit warisan nenek moyang ( hehehe lebay amat ) timbul ide untuk ber prakarya. Awalnya pengen bikin dress, eh setelah ukur-ukur, baju Hun-Hun tidak memungkinkan untuk jadi dress. Akhirnya jadi baju atasan yang lumayan bisa buat jalan-jalan sore. Berikut tutorial membuat baju bekas menjadi baju baru:


Cata Membuat Baju Bekas Jadi Baju Baru.
1. Gunakan Pakaian yang sudah ada menjadi pola dasarnya. (Awalnya aku pengen bikin dress, tapi karna kain gak cukup gak jadi dech).
2. Gambar di kain dengan menggunakan pensil kain, agar nanti klo dicuci pasti hilang. Oh ya...catatan buat yang tubuh plus-plus (Like me) jangan lupa untuk menambah ukuran  sekita 2 inci dibagian dada dan pinggang ke bawah agar tidak terlalu ketat atau kata orang jawa  MTT(MbeTeteT).
3. Potong sesuai pola. Jangan lupa bagian kancing juga dipotong (nanti bisa dimanfaatin juga looh), trus bagian lengan kanan kiri bisa disambung dipakai untuk bagian tengah.
4.  Jahit karet elastis di kain untuk bagian tengah, agar ada kesan kerutan.
5.  Sambungan-sambungan kain sebaiknya diobras atau dikelim dengan kain agar lebih rapi. Untuk bagian leher juga sebaiknya dikelim dengan kain. 
6. Untuk menutupi ujung keliman di leher dapat ditutup dengan aplikasi pita yang dibuat dari sisa-sisa kain.

Jadi dech baju baru dari baju bekas Hun-Hun.

2 komentar:

I'm Nana said...

jangan2 bajune mas Erick yo kamu guntingin jenk? wah gawat2 kalo punya istri over creative hahahaha

Nime said...

hehehe.....Kayak'e sich ghitu jenk...tp nich baju2 yang da gak cukup ma dia klo di pake sangat MTT(MbeTeTet)....Maklum skrg dia lebih Endut..^.^

Post a Comment