28 September 2011

Penyakit Kesehatan Akibat Kegemukan

Penyakit Akibat Kegemukan --- Emang sich, Hak Asasi Manusia orang ingin gendut, tetapi resiko kegemukan bisa sampai mengancam jiwa seseorang. Penyakit Kegemukan yang melanda seseorang tersebut dapat bersifat ringan hingga kronis. Berikut merupakan beberapa penyakit sebagai resiko kegemukan:
  • Penyakit jantung atau struk. Sebab jumlah lemak pada daerah perut meningkat dan secara spesifik dihubungkan dengan kekakuan pembuluh darah aorta, yaitu pembuluh darah arteri utama yang memberikan darah ke organ-organ tubuh.
  • Tekanan darah tinggi. Hubungan antara obesitas dan hipertensi adalah kompleks dan mungkin menggambarkan interaksi faktor genetik, demografi dan biologi. Sebab seseorang yang mengalami kegemukan kurang bebas dalam bergerak sehingga pembuluh darah sering mengalami atherosclerosis atau pengapuran sehingga menyempit yang menyebabkan naiknya tekanan darah.
  • Sindroma metabolik (sindroma X). Terdiri dari obesitas yang ditandai dengan penumpukan lemak pada daerah perut, gangguan kolesterol, hipertensi, dan resistensi insulin. Tampaknya faktor genetik berperanan, walaupun obesitas dan makan yang cepat memegang peranan penting di dalam perkembangan sindroma ini. Sindroma metabolik secara signifikan dihubungkan dengan penyakit jantung dan angka kematian yang lebih tinggi.
  • Kanker. Obesitas dihubungkan dengan jenis kanker tertentu, dan beberapa ahli percaya bahwa kontrol BB yang efektif bagi anak2 dan dewasa dapat mengurangi kejadian kanker 30-40 %. Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker dalam hubungannya dengan kadar hormon yang tinggi yang disebut growth factor, yang mana dapat merangsang pertumbuhan sel yang menyebabkan kanker.
  • Problem persendian. Hal ini terjadi karena beban tulang yang semakin berat. Karena menyangga beban di luar porsi, maka akan muncul gangguan sendi, yang sering kita dengar adalah penyakit rematik walaupun tidak semua gangguan sendi adalah rematik. Masalah dengan kesehatan jantung
  • Diabetes melitus Orang gemuk cenderung mengalami penurunan hormon insulin. Ini membuat gula darah naik dan akan meracuni seluruh tubuh termasuk alat vital. 

0 komentar:

Post a Comment